Senin, 20 Juni 2011

Kebiasaan (copy-paste)

Arti COPAS atau Copy Paste pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Dalam hal ini, kamu TIDAK MEMBUTUHKAN skill yang tinggi, otak yang cerdas, keahlian yang khusus dan pengetahuan yang luas. Hampir semua orang, baik yang pintar maupun yang bodoh bisa melakukannya.
Tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukannya. Paling tidak hanya sekitar 5 menit saja, maka tulisan/artikel yang didapat dari blog lain sudah ada di blog kita.
Tahukah kamu bahwa orang-orang yang menulis artikelnya sendiri dan percaya pada kemampuannya, ternyata banyak memakan waktu berjam-jam untuk menulis 1 buah artikel. Sedangkan orang yang ragu akan kemampuannya sendiri, ternyata hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja untuk mengcopy tulisan orang lain. Wow. . .
Sekali melakukan Copy Paste, maka kita akan ketagihan dibuatnya. Dulu saya juga pernah melakukan Copy Paste 3-5 artikel di sebuah buku. Kenapa saya memilih buku pada saat itu? Karena saya tau bahwa rata-rata para pengunjung sangat malas untuk membaca buku… Hehe… :-D


Sepertinya sifat malas sudah menjadi kebudayaan orang Indonesia hingga mengakar. Sikap ulet yang diwariskan oleh nenek moyang kita seakan hilang begitu saja, yang seharusnya menjadi ciri khas bangsa ini. Malas dalam berbagai aspek kehidupan, sebagai contoh malas dalam bekerja. Jika untuk bekerja saja sudah malas, bagaimana untuk beribadah dan bagaimana dengan kehidupannya.
Budaya copas atau copy-paste istilah yang sering digunakan oleh pelajar di Indonesia. Atau yang lebih umumnya ‘menyontek’. Ada anak yang hamper semua tugasnya ia kerjakan dari menyontek dari temannya. Kegiatan copy-paste ini ada yang bersifat langsung seperti menyontek, dan ada yang tidak seperti menyalin dari internet tanpa menyebutkan sumbernya. Tentunya kegiatan ini sangat merugikan sumbernya.
Padahal sebagai penerus bangsa, seharusnya malu karena mempunyai sikap seperti itu. Dengan bersikap seperti itu sangat tidak mencerminkan bangsa. Maka dari itu sebaiknya kita menghindari perbuatan seperti itu yang sebenarnya sangat kurang bermanfaat dan hanya membuat kita semakin mundur dalam berpikir, karena otak kita tidak dapat berkreasi dengan hanya menyalin...
 
y termasuk saya yg punya blog ni kbanyakan copas pnya orang... hehehehe...

Tidak ada komentar: